F.A.Q

Siapa saja yang boleh bergabung menjadi anggota terverifikasi PolisiCyber?

Semua jenis toko online, termasuk website, blog, akun di marketplace seperti Ratakan, Tokopedia dll., akun sosial media seperti Fanspage Facebook, atau pun akun chating seperti WA dan BBM yang dijadikan alat berjualan secara online.

Apa saja fasilitas yang diberikan PolisiCyber jika toko online telah berhasil diverifikasi?

Halaman verifikasi Terpercaya di situs PolisiCyber, widget/banner verifikasi yang bisa dipasang di toko online,  tips SEO rutin melalui email, tergabung dalam ITEca (Indonesian Trusted E-Commerce Association= Asosiasi E-Commerce Terpercaya Indonesia), serta aktivitas bisnis onlinenya dipantau berkala oleh tim pengawasan PolisiCyber.

Kenapa tidak ada akun free di PolisiCyber?

Karena tugas kami bukan hanya melakukan verifikasi, tapi juga pengawasan pada toko online yang telah terverifikasi Terpercaya. Kami tidak ingin toko online yang telah diverifikasi kemudian menggunakan widget “Toko Online Terpercaya” PolisiCyber secara bebas dan selanjutnya mereka bisa dengan leluasa melakukan bisnis online yang merugikan banyak orang tanpa pengawasan dari kami, yang mana hal tersebut juga akan berimbas pada kredibilitas kami sebagai situs verifikator nomor 1 di Indonesia. Nah, dengan akun berbayar pengawasan bisa terus kami lakukan sehingga slogan kami “kawal jalur belanja online Indonesia” bisa terealisasi dengan baik.

Kenapa tidak ada pernyataan ‘Terpercaya 100%’ seperti web verifikasi lain?

Karena tugas kami hanya melakukan verifikasi data awal kemudian melakukan pengawasan pada proses bisnis yang dilakukan toko online tersebut. Kami tidak bisa menjamin, pada saat proses verifikasi maupun setelahnya, toko online tersebut akan terus melakukan bisnisnya secara jujur dan terpercaya. Oleh karena itu, memberikan pernyataan “Terpercaya 100%” bagi kami adalah berlebihan dan HOAX, karena yang dapat memastikan kejujuran seseorang hanyalah zat yang dapat membaca hati seseorang, dan tentunya itu hanya bisa dilakukan oleh Tuhan. Jadi, kami tidak melakukan hal tersebut, bukan karena tidak yakin, tapi karena kami tidak ingin memberikan informasi yang mengada-ngada pada masyarakat.

Apakah toko online yang telah diverifikasi dijamin aman?

Semua akun jualan atau toko online yang telah kami publikasikan di situs PolisiCyber.com telah melewati proses verifikasi, namun bila di hari kemudian terbukti melakukan tindakan cybercrime maka kami akan menghapus dan mencabut verifikasi kami atas akun jualan/toko online tersebut.

Bagaimana cara kerja PolisiCyber?

Sesuai motto kami “Mengawal jalur belanja online Indonesia” dan berkomitmen menjadi
“Verifikator toko online terpercaya no. 1 di Indonesia” maka kami berperan melakukan verifikasi sekaligus pengawasan terhadap akun jualan / toko online.

Apakah PolisiCyber memberikan jaminan terhadap toko online yang telah diverifikasi?

Tidak. Verifikasi yang kami lakukan hanya untuk dijadikan sebagai referensi dan salah satu pertimbangan sebelum berbelanja online. Adapun keputusan untuk berbelanja dan atau bilamana terjadi cybercrime di kemudian hari, maka semuanya kembali kepada Anda sendiri selaku konsumen, dan PolisiCyber tidak bertanggung jawab dan tidak dapat dituntut atas kejadian tersebut.

Apakah akun jualan / toko online yang telah diverifikasi boleh berhenti atau tidak dipublikasikan lagi di PolisiCyber?

Ya, Bisa. Bila pemilik akun jualan atau toko online yang menghendaki atau pun karena pihak PolisiCyber menilai bahwa akun jualan atau toko online tersebut tidak lagi layak direkomendasikan Terpercaya. Dan selanjutnya, semua data di situs PolisiCyber maupun widget di toko online yang bersangkutan harus dihapus.

Bagaimana cara mengajukan verifikasi akun jualan / blog / toko online di PolisiCyber.com?

Pertama, Anda harus mendaftar dulu menjadi contributor di PolisiCyber dengan mengisi usrename dan alamat email yang valid di halaman pendaftaran yang telah kami sediakan. Selanjutnya, tunggu beberapa menit data login (username dan password) Anda akan terkirim ke email yang didaftarkan sebelumnya. Nah, setelah itu barulah melakukan pengajuan verifikasi akun jualan atau toko online Anda Disini.

Apa saja syarat agar verifikasi akun jualan atau toko online diterima oleh PolisiCyber?

Silahkan baca penjelasannya Disini.

Kapan hasil verfikasi toko online dipublikasikan?

Setelah Anda melakukan submit dan mengisi semua data yang diminta, termasuk memberi judul dan deskripsi verifikasi, upload foto, input lokasi dan sebagainya, maka halaman verifikasi Anda akan tersimpan sebagai Draft (belum dipublikasikan). Selanjutnya, agar verifikasi toko online Anda di publikasikan maka lakukan beberapa langkah ini:

  1. Kirimkan melalui email semua data fisik yang diminta. Info lengkap mengenai data yang wajib diserahkan ke tim verifikator PolisiCyber, lihat disini.
  2. Lakukan transfer ke rekening yang diminta atau melalui Paypal
  3. Konfirmasi pembayaran dengan menyertakan nama pengirim, bank tujuan, dan jumlah di halaman ini: https://polisicyber.com/konfirmasi-pembayaran/

Setelah semua langkah di atas dilakukan maka halaman verifikasi akun atau toko online Anda di PolisiCyber akan dipublikasikan.

Apa yang harus dilakukan setelah dinyatakan lolos verifikasi Terpercaya oleh PolisiCyber?

Login ke akun Anda, kemudian ganti password (bila mau) dan buka link ‘Widget Verifikasi Terpercaya’ di bagian tab Panduan. Dan selanjutnya, tinggal pasang widgetnya di akun jualan atau toko online Anda.

Apa yang terjadi bila saya keluar dari keanggotaan?

Keluar dari keanggotaan situs terverifikasi di PolisiCyber bisa karena kemauan sendiri dan bisa juga karena keanggotaanya dihentikan sepihak oleh tim verifikator PolisiCyber, terutama karena banyaknya laporan pelanggaran yang dilakukan oleh situsnya.

Dan bila ini terjadi maka halaman verifikasi yang menyatakan toko online Anda terpercaya akan diredirect ke halaman Pernyataan Penghentian Verifikasi oleh Tim Verifikator PolisiCyber.